sosial media menunjukan kepribadian asli seseorang

    Di sekolah Saya punya teman sebut saja namanya icci, malam itu tiba-tiba dia update status di facebook melalui akun pribadinya yang sontak membuat saya kaget, tercengang dan ingin cepat-cepat muntah. muntahnya bukan karena cicci update foto yang menjijikkan tapi karena caption foto tersebut mengandung unsur yang berbeda, di mataku icci ini adalah wanita yang paling pendiam dan pemalu yang pernah saya kenal enggak kayak cewek biasanya yang cerewet, alay dan banyak gaya. Captionnya kayak gini :

“aQoEh sYedIch 84n9eT hAri in1eCh *emotnangis"

“oH TuHan, mEng4p4 d14 tE94 mEny4kiT1 qU? 4Pa 5aLah qu p4d4h4L aQu 54n9at mEnc1nT4inYa. J1k4 t4k bi5a 8Er5amAnYa Le81H 8a1k 4Qu m4t1 s4ja ;( ;(“

"aQoEh 9ak mEm4ksa kAmu mEm1l1eh aQoEh yAn9 sErb4 kEkur4n9An 1n1Eh., #ba9iyAngMeras4ajA."

*kalau kalian mau muntah, muntahin aja gak usah di tahan-tahan. Saya sudah duluan kok tadi.

Muntahnya udahkan, oke kita lanjutkann ceritanya, saat itu Dalam hati saya cuma berfikir fix icci ini atau di facebook dikenal sebagai Cici N4ck vir9o pasti udah di bajak nih sama seseorang karena kelakuaannya agak beda di sosmed. karena rasa kepo yang tak terbendung layaknya seseorang cewek yang curiga pacarnya selingkuh, akhirnya saya kepoinlah profil facebooknya icci. Di dalam akun facebooknya saya merasa icci dunia nyata dengan icci di dunia maya seperti orang yang berbeda, icci yang saya kenal lugu, pemalu dan rajin menabung ini sangat berbeda di dunia maya, di sosmed ia cewek yang gaeul, eksis yang tiap detik update status udah kayak admin lambetura terbukti baru beberapa menit ngepoin akunnya tapi saya sudah tau banget semua kehidupannya icci, ternyata belakangan ini ia galau abis tapi agak menjijikan juga sih kelakuannya di sosmed ingin banget rasanya saya blokir akunnya namun sebagai teman saya gak tega dan malah prihatin karena menurutku wanita adalah mahluk yang lemah dan butuh kasih sayang apalagi si icci masih sangat labil takutnya nanti ia bunuh diri nyilet-nyelitin pergelangan tangannya. Maka dari itu saya pun membuka obrolan chat dengan icci untuk nenangin dia.

Saya : icci, kamu kenapa galau sini curhat sama saya.

20 detik kemudian balasan chat cicci pun datang dan berisi seperti ini :

icci : ih 4p44n siH, d4s4r kEpo Loh.

Kampret bangetkan, niatnya mau bantuin masalahnya malah di katain kepo, saya gak sangka icci bakalan ngomong kayak gitu, padahal di kehidupan sehari-hari saat di sekolah icci di ajak ngomong aja kayak orang bisu bisanya cuma ngangguk-ngangguk doang gak tahu deh dia pemalu atau mungkin mulutnya bau.

Melihat balasan chat dari icci kayak gitu saya gak balas lagi namun beberapa menit kemudian nongol nontifikasi bahwa icci telah menandai saya dalam statusnya, sontak saya pun kaget statusnya kayak gini.

"uRus d1r1mu sEnd1r1, 9aK us4h kEpo1n or4n9."

Melihat kelakuan icci saya hanya bisa geleng-geleng kepala dan cuma ngomentarin statusnya.

Saya. : alay lohh!

Ternyata sosial media dapat membuka topeng yang menutupi kepribadian asli seseorang, ternyata sifat icci yang pendiam, lugu dan seakan gak ada dosa itu hanya sebuah topeng.

jika kalian ingin melihat sifat asli seseorang lihatlah dari sosial medianya karena di media sosial lah tempatnya berekspresi sebebas-bebasnya tanpa ada hal yang harus di tutup-tutupi jadi gak heran jika banyak orang yang sifatnya beda di dunia maya dengan dunia nyata dan icci adalah salah satu dari sekian banyak contoh bahwa sosial media mampu menunjukan kepribadian asli seseorang.

Posting Komentar

28 Komentar

  1. Wkwkwk icci.. untungnya bukan Icca eh Icha.
    Dulunya ya.. saya itu waktu masih remaja, uhukkk.. saya eksis di dunia nyata. Ya sebagai ketua ekskul teater. Jadi di media sosial gak sok alay lagi butuh perhatian.
    Tapi gaya ngomong saya ceplas ceplos. Gak bisa direm.
    Namun semenjak nikah dan punya suami yang introvert, dia melarang saya terlalu ekstrovert di media social. Karena itu bisa membuat orang tau bagaimana karakter asli kita.
    Akhirnya saya pun berubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiss keren tuh bisa menjabat ketua exskul..
      Untung suaminya nyelamatin mbak nya dari kealayaan hihi

      Hapus
  2. masih aja ya ternyata yang alay gitu, hehe memang sosial media bisa menunjukan citra diri ya :) btw follow back ya kak

    BalasHapus
  3. astagaaaaaaaa, pas baca ih apa lo kepo2, pengen muntah beneran aku tu.. diperhatiin malah sok banget. asatga icciii, macam mana tulisannya juga bikin pening, huhu
    kl dipikir2 aku kayaknya nggak punya teman sejenis icii ini deh , xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar mbak jngn muntah disini, hihi

      Wah selamat mbak anda terbebas dr kaum alay

      Hapus
  4. Hem bisa juga di medsosnya alim, nyatanya di keseharian dia urakan...
    Namanya juga dunia maya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyyaa banyak juga ynag sok bijak di medos tp aslinya kampret hihi

      Hapus
  5. Hmm buat aku nggak juga sih. Kadang sosial media pribadi dijadikan sebagai ajang untuk mengekspresikan diri, terlepas itu negatif atau positif. Tempat seseorang ingin dianggap sehingga membentuk sebuah citra akan dirinya sendiri.

    Entah bagaimana sih ya, tapi nggak selalu kita bisa benar benar kenal seseorang dari media sosialnya.

    Btw masih jaman tulisan gede kecil jaman keypad atau keytouch belum qwerty gini? Mo nangis bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya intinya gak ada kepura2an di media sosial karena disan tempat mengekspresikan diri

      Btw ini kejadiannya sudah lama mbak pas saya kelas 1 SM,, tp bru ceritain sekarang,, pengennya sih screenshot statusnya tp udah lama banget, jd saya tulis aja yg sama persis dulu

      Hapus
  6. Jadi ingat masa remaja deh suka alay. Namun, saya sih nggak mengalami masa penggunaan bahasa alay haha.. keburu dewasa. Tapi, ya itu medsos benar-benar menunjukkan keperibadian seseorang, soalnya ia sedang sendiri dan tidak ada respon langsung dari orang lain. Jadi, apa yang ditulis memang ekspresi jujur seseorang.

    BalasHapus
  7. hahaha btw dulu pas msh skolah keknya tiap jam istirahat ngtwiit, ya walau hanya sekadar RT doang, tp syukur tdk pernah alay hahaha tp emang iya sih ada yg aslinya pendiem, pas di medsos ramah bgt 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha dan jumlahnya banyak yg kayak gitu mbak

      Hapus
  8. Saya jadi ingat kata bos saya, waktu dia mau nerima karyawan, dia pasti kepoin Instagram dan Facebook yg bersangkutan. Wkwkwk. Memang benar, medsos itu bisa menunjukkan kepribadian seseorang.

    BalasHapus
  9. Jadi ingat zaman sekolah dan kuliah dulu saya termasuk alay, tapi gak sempat nulis angka2 gitu karena bukan di zaman saya wkwk, makin ke sini jadi sadar diri karena malu sama umur

    BalasHapus
  10. Wih keren dia bisa kriptografi. Ribet loh buat nulis kayak gitu. Butuh niat yang tinggi untuk melakukannya. Apalagi mengingat tanggapan yang akan diterima nantinya. Hehehehe...

    BalasHapus
  11. Ternyata masih ada yang bikin caption pakai kalimat alay begitu yaa.. tapi nggak apa2 sih, proses. Aku dulu juga pernah nulis caption ala2 kek gitu. Sampai kalau kubaca sekarang, ngakak sendiri. Ampun deh.. memang setiap orang pernah alay pada zamannya.

    Mungkin bukan membuka kepribadian aslinya ya. Justru karena nggak dapat kenyamanan dengan orang2 di dunia nyata, maka akhirnya lari ke medsos. Semoga sih tetap bisa menjaga jempol dan jari, eksis nggak masalah, asal nggak kebablasan hehe.

    BalasHapus
  12. Haha oalah Icci... kamu kok kayak ABG labil zaman tahun 2011-an sih ya begini ini caption kayak password ATM digabungin angka dan huruf. Setuju deh ama Mas Fahrul kl sosmed ternyata menunjukkan kepribadian seseorang ya. Salam literasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ini kejadiannya emang pas tahun 2012an mbak,, tp bru skrang aja nulinya hihi

      Hapus
  13. Wah wah, ini fenomenal sekali. Tapi emang sih kak, saya sepakat dengan ini. Orang yang kelihatannya pendiam bisa sangat "rame" di medsos. Ternyata karakternya beda bgt sama yg di dunia nyata.

    BalasHapus
  14. Wah bener banget loh ini dan saya suka heran sama orang yang suka mengumbar drama kehidupan pribadinya di media sosial. Duh, pdhl ya orang cuma mantau aja loh, simpati or bantuin aja gak. Plus byk oknum jg tuh suka manfaatin medsos untuk tipu-tipu. Harus ekstra waspada lah.

    BalasHapus
  15. seeprtinya memang betul begitu ya, sosmed kalau tidak dimanfaatkan dengan hal baik dna bermanfaat, jadi ajang ekpresi diri dan disitulah kita bisa lihat orang-orang seperti apa, itulah sebabnya wajib menggunakan sosmed dengan bijak

    BalasHapus
  16. Hmm sosmed terkadang bisa memperlihatkan kepribadian yg sebenarnya bisa juga tidak. Ada bbrp org yg memang sengaja utk menampilkan kepribadian tertentu di sosmednya yg buka kepribadian sebenarnya yg ada pada dirinya.

    BalasHapus
  17. Wah hari gini masih ada ya nulis pakek bahasa planet (gabungan huruf angka).. kirain itu udah ga trend lagi .bener emang sosial media kita bisa lihat dan amati karakter kepribadian seseorang..setuju sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah gak ada mbak,, itu kejadiannya sdah lama, tp bru diceritain

      Hapus
  18. saya sudah ikutan dibuat muntah dengan icci. Ternyata kondisi sosial media makin hari makin dahsyat, ya. Selain bisa menggambarkan sang pemilik akun juga perlu hati-hati dengan pemberitaan yang sedang viral.

    BalasHapus
  19. Yah pembaca kecewa... Kirain akunnya beneran dibajak orang. Suka sedih sih dengan orang yang nggak pinter Nathan jari di sosmed ya

    BalasHapus