BAPERMAN

 

Banyak yang mengatakan jadi orang itu jangan mudah baperan, karena itu bakal membuat kita jadi gampang terluka. tapi menurutku sih baper itu penting, asal kita dapat mengelolahnya dengan positif, baper mampu membangkitkan kekuatan super yang tersembunyi dalam diri kita. Saya yakin orang yang sukses hari ini adalah orang yang berawal dari kebaperannya. Seandainya albert einsten gak baper saat di katain bodoh oleh gurunya mungkin dia gak bakal berusaha meningkatkan IQ nya atau seandainya messi gak baper saat di bully sama teman-temannya karena dia pendek tapi ingin menjadi pesepakbola hebat, dia pasti gak bakalan latihan hingga mendapat kekuatan super yang luarbiasa dan menjadikannya pemain terbaik di dunia.

Saya sih percaya kalau setiap manusia itu pasti punya kekuatan super yang gak mereka sadari, saya sendiri sering merasakan itu, Seperti dapat kekuatan super gitu, Jadi  ceritanya kayak gini.


Pas kelas 2 SMP, saya terpilih mewakili sekolahku untuk ikutan lomba menggambar sekabupaten majene. ehhmm kalian gak usah nanya kenapa saya bisa dipilih mewakili sekolahku, tanya saja sama guru yang bersangkutan. 

lomba itu di adakan di  Boyang assamalewuang, jadi boyang assamalewuang itu semacam sebuah aula yang sering digunakan untuk ruang pertemuan, pentas seni dan lain sebagainya. Saat itu anak SD, SMP sampe SMA semuanya di kumpulin dalam aula itu buat berlomba menjadi yang terbaik.

Pas lomba dimulai saya telat 1 jam lewat 50 menit datang ke tempat lomba karena lupa jadwalnya, *indonesia bangetkan kelakuanku.

waktu yang diberikan oleh panitia adalah 2 jam namun karena telat berarti saya hanya punya sisa waktu 10 menit untuk menggambar dengan tema yang diberikan. 

Saya masuk keruangan itu ngambil kertas di panitia sambil garuk-garuk kepala, saya merasa gak yakin bisa menggambar dalam waktu 10 menit terakhir.


"Eh kamu yang baju hitam, semangat yah". Ucap seorang cewek yang ada di sampingku sambil mengangkat tangannya yang terkepal. Namanya nurani dia juga sedang mewakili sekolahnya ikut lomba menggambar saat itu, orangnya manis kulitnya agak kecoklatan, matanya belo, hidungnya mancung, bibirnya normal gak maju, menurutku bentuk wajahnya sangat sempurna, saya kenal dengan dia setelah lomba menggambar itu selesai.

Oke lanjut, walaupun saat itu kata baper belum ada, tapi saya menyadari saat itu saya baper. Semenjak mendengar itu saya seperti mendapat kekuatan super, keahlian menggambarku seakan meningkat 100% Tanganku pun mulai bergerak, menggores, menggores, masih menggores, terus menggores dan akhirnya selesai dalam 7 menit, saya pun dapat menghirup nafas panjang dengan perasaan lega. 

Semua mata yang ada dalam aula itu pun tertuju padaku,  termasuk nurani pasalnya saya terlambat datang namun saya berhasil selesai duluan, keren kan? Ya enggak lah, orang gak dapat juara juga hufttt.

Saya masih nyimpen foto gambarku waktu itu


Di kesempatan yang lain saya juga pernah, waktu itu saya masih SMA kelas 1, saat itu sekolahku lagi ngadain porseni (pekan olahraga dan seni), kebetulan hari itu saya ikut pertandingan futsal, yah walaupun riwayat karirku dalam dunia sepakbola jelek banget, terakhir ikut tanding bola pas SMP itu pun jadi cadangan huftt. tapi kali ini teman-temanku mempercayakan saya jadi ujung tombak tim kelasku, saya sempat bertanya mengapa mereka segegabah itu ternyata alasannya Sangat sederhana yaitu karena saya rajin makan sosis sonice *entah apa hubungannya.


Pertandingan pun dimulai, Berdasarkan undian pertandingan, hari itu timku melawan kelas 3 jurusan ips3 yang Badannya gede-gede banget kayak gorilla. *mukanya juga sih.


Di babak pertama kami kewalahan, saya cuman lari-lari doang di lapangan gak pernah dapet operan, alhasil kami kebobolan 2 goal di babak pertama. Dibabak kedua saya mencoba bermain lebih agresif saya terpaksa lari kesana kemari berusaha merebut bola sendiri namun yang ada dada saya jadi sesak, Ngos-ngosan giliran sudah dapat bola malah opernya ke pemain lawan hufft begooo. 


Namun semuanya berubah ketika seorang cewek yang berada di tengah-tengah penonton bersorak, "allu, semangaat dong". dia adalah nurul cewek yang kukenal sejak jaman ospek, secara fisik dia lumayan lah, gak ada cacatnya sedikitpun, hanya saja ada beberapa jerawat di pipi kanannya. mendengar sorakan dari nurul. badan saya yang pegal, nafas saya yang hampir habis, wajah saya yang ganteng  kaki saya yang keram seketika pulih kembali, seolah mendapat kekuatan super gitu.  


saya pun berlari membawa bola, melewati Satu dua tiga pemain lawan hingga saya pun mendapat kesempatan untuk menembak kearah gawang, dengan penuh semangat saya pun mengayungkan kaki kananku lalu menendang bola dengan penuh kekuatan dan apa yang terjadi "PLAAKKK" selangkangan lawanpun kena, saya salah tendang *sial.


Saya pun mendapat kartu kuning, tanda bahwa saya harus lebih berhati-hati lagi saat bermain.  

Permainan pun berlanjut saya kembali mendapat bola kali ini saya lebih dikawal. pemain lawan menyerang dari semua sisi. Mataku berusaha mencari celah, saya melihat posisi kiper lawan gak siap yang membuat sudut kanan gawangnya menjadi agak kosong. Saya pun melepaskan tendanganku, kiper lawan yang menyadari itu langsung berteriak "tidaaAAKK" sementara bola yang kutendangan melesat bagaikan pesawat tempur menuju target dan akhirnya tercipta sebuah goal. 


Saya dapat merasakan aura kemenangan datang saat itu Namun saya salah 5 menit kemudian peluit panjangpun berbunyi tanda pertandingan sudah berakhir,  saya pun hanya bisa garuk kepala dan mukul jidat, rasanya cepat banget selesainya, tim futsal kelasku pun harus menelan kekalahan. 


Di  lain Waktu , saya lagi-lagi dapat kekuatan super gara-gara terbawa perasaan, waktu itu saya sudah selesai kuliah, diperjalanan sebelum warung ada beberapa pos tempat gosip emak-emak di kampung, kebetulan saat itu saya ingin membeli mie instan di warung, awalnya biasa-biasa aja tapi setelah memasuki zona gosip emak-emak, saya merasakan aura  yang berbeda, saya mencoba menengok ke arah emak-emak yang lagi nongkrong itu. mata mereka melirik kepadaku dari ujung kaki sampe ujung kepala dengan tatapan yang tajam. Saya jadi berasa di taksir emak-emak *saya Ge'er, namun sesuatu yang aneh terjadi, saya seakan mendapat kekuatan super, tiba-tiba Telinga saya bisa mendengar pikiran emak-emak itu. Kurang lebih dalam pikirannya kayak gini.


"ini anak sudah sarjana, tapi kok gak kerja-kerja yah"

"tiap hari di rumah terus, dasar pemalas"

"nih anak bau banget, pasti belum mandi"

Saya tercengang, Sakit rasanya mendengar pikiran emak-emak itu. Gak tau deh itu beneran kekuatan super atau sayanya saja yang sudah su'udzon. Tapi sudahlah saya juga gak terlalu mikirin, anggap aja fans yang perhatiannya berlebihan hihi. *positif thinking


Nah itulah tadi cerita mengenai kekuatan super yang tercipta gara-gara baper, sebenarnya Masih banyak sih cerita-cerita mengenai itu namun bakal gak cukup kalo ditulis disini semua. Lagian tangan saya juga sudah pegel ngetiknya. Oh iya jika kalian juga pernah mengalami kisah serupa bisa share di kolom komentar yah !

Posting Komentar

66 Komentar

  1. It's such a great story. I like it

    BalasHapus
  2. Baper kalau dikelola dengan baik, endingnya pasti jadi baik dan bermanfaat ya. ananda Nurfahrul. Ini survei membuktikan ... He he ....

    BalasHapus
  3. Klo cewe yang baperan masih bisa di bilang baperman?🤣

    BalasHapus
  4. Wiss kerwn kak bner baperman, emng bner kalau mengelolanya dengan baik menciptakan kesemangatan kak

    BalasHapus
  5. Intinya bapernya digunakan untuk memanggil kekuatan super ya. Kali aja pas menang itu yang nyemangatin jadi terpesona dan terpana. Hehehe

    Good job.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyyaa yah seandainya dulu menang,, pasti sekarang gak jomblo hihi

      Hapus
  6. Hahaaha semangat Lul, Btw kok pas nyebut Nurani, bibirnya normal gak monyong, langsung keinget istri syantiknya Iqbal eaaa.. wkwkwk..

    Btw gambarnya keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk iyya yah sya baru sadar,, tp bedanya nurani yg ini bibirnya normal hihi *piss

      Wah terima kasih mbak naia tp kata jurinya gambarnya jelek hihi

      Hapus
    2. Bagus kok, teknik mewarnainya udah keren itu. Cuma mungkin lebih ke pemilihan warna langitnya aja ya. Kembangin aja bakatmu, Lul. Sayang itu tinggal diasah lagi. Liat tutorial dari YouTube, di sekolah TK anakku ada guru khusus buat latihan teknik menggambar dan mewarnai lho. Profesi begini juga banyak dicari buat dijadiin guru privat.

      Hapus
    3. iyya mbak nai, langitnya keliatan banget asal jadi... hihi dikejar waktu soalnya

      Diyoutube alatnya keren2, susah ngikutin hihi

      Wah keren tuh disana mbak nai, disini kalo anak2 doyan gambar di bilangin pemalas hihi,, miris

      Hapus
    4. Itulah, susah jadi orang Indonesia. Aku pun pernah dicap pemalas gara2 keluarga suamu gak sengaja liat sketch book punyaku wkwkwk.. Padahal menggambar itu pelarian kalo lagi stress.. Baca buku aja dibilang buang2 waktu, apalagi menggambar..

      Hapus
    5. Wah kirain cuma di daerahku mbak nai, ternyata seluruh indonesia yah kayakgitu,,,

      Kayaknya mindset masyarakatharus dirubah nih

      Hapus
  7. Jangan baper nanti cinta lagi 😂

    BalasHapus
  8. Setuju sih... Sayangnya ga semua mampu mengelola itu menjadi positif. Akibatnya banyak kasus org stres, mengalami masalah mental atau merasa hidup dalam penderitaan, akibat perkataan org lain. Sungguh beruntung org2 yg tetap semangat dan bisa mengambil hikmah dr peristiwa yg tidak menyenangkan dalam hidupnya. Btw, gambarnya bagus lho itu. Pantes dipilih jadi wakil sekolah. Lain kali hrs lebih persiapan dan disiplin kalau dikasih kesempatan biar hasilnya maksimal. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi gambar lawann lebih bagus hihih...

      Hapus
    2. Iya soalnya datangnya telat. Kalau lebih persiapan kan kemungkinan inspirasi gambarnya bisa lebih baik. Tapi gambar itu lumayan bagus lho krn dibikinnya dalam waktu singkat kan? Nah coba bayangkan kalau dibikin dalam waktu yg lebih lama.. Pasti hasilnya lebih keren lagi. Jadikan pelajaran kalau ikut lomba jangan telat.. Wkwk

      Hapus
    3. Hehe iyya mungkin...

      Soalnya saya sangat memegang teguh budaya indonesia,, budaya ngaret hihi

      Hapus
  9. Ou u wooo ...Uwuwu bangetz yak gegara di'kompori' cewek, smangat auto jadi tegangan tinggi naik tajam ... 🤩

    BalasHapus
  10. Jadi baper itu tergantung cara mengelolanya ya, kalau dikelola dengan benar bisa menimbulkan keajaiban yang menguntungkan.

    BalasHapus
  11. Valid sih orang sekitar adalah lingkungan yang paling mengawasi kehidupan kita. Mereka yang ikutan bingung kalau kita belum dapat kerja, mereka juga yang seneng kalau dah kerja, mereka juga yang kelabakan pas kita tunjukin hasil kerja keras kita.
    Baper? Wajar aja sih, hidup nggak sendirian, bermasyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang susah klo gak baper, kan kita punya perasaan hihi

      Hapus
  12. Kalau saya nih setelah berumah tangga, jangan baperan itu emang bener. Soalnya kalau baperan setelah menikah, bisa bisa cerai lagi tuh, hahaha...
    Maklum setelah menikah ternyata banyak banget masalah yang dialami

    BalasHapus
  13. Masya Allah, BaPer itu perlu. karena Allah berikan kita hati agar dapat merasakan perasaan sekitar.

    semangat terus nulisnya ya.

    BalasHapus
  14. Baper kalau disikapi positif jadi motivasi ..seperti di kisah ini. Sikap yang diperlukan saat bersosialisasi karena dengan baper kita jadi tumbuh rasa simpati, empati dan akan peduli

    BalasHapus
  15. Masih mending cuma kebobolan 2, pas SMA saya pernah juga lawan anak IPS sampe diborong 10 biji.

    Kalau soal baper saya sih jarang, tapi kalau bikin anak orang baper udah ga kehitung. 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebobolan 10 goal?? Itu main badminton atau main sepakbola bang hihi

      Wahwah salut bang bisa bikin ank org baper

      Hapus
  16. baper ama caper tuh sodaraan gak sih?
    ups...
    tp lbh enak lagi kalo bapao kali ya... ah ribet amat... sebenarnya mau komen apa sih aku tuh...

    hehe... :D udah aja gak jd komen deh...

    BalasHapus
  17. hahaha lucu-lucu tong ceritanya bela. Jadi baper itu sebenarnya sudah ada sejak dahulu dih, cuman baru pi belakangan ini makin populer sejak dipopulerkan oleh para netijen :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye daeng itu hnya bebrapa cerita buat ngebuktiin kalo baper itu bisa jd kekuatan super hihi

      Hapus
  18. hahaha semangat kak! kadang kita butuh kok baper sama hal2 yg bikin kita bisa reach hal yg lebih tinggi. salut, gambarnya emang cakep sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gilak bahasanya gaul pake reach hihi...

      Hihi kirain orangnya yg cakep...

      Hapus
  19. Eh, gambarnya bagus banget ituh. Hebat lah telat 1 jam lebih, bisa gambar sekeren itu.
    Btw, bener banget sih baperan kalau pintar mengelolanya tetap bisa bermanfaat. Sayangnya lebih banyak yang nggak bisa mengelola hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak saya jg bru ngeh, kok bisa gitu yah, apa saat itu saya dapat kekutan super,,, tp mbak nya gak kiat aja gambarnya sainganku keren2 semua...


      Iyya mbak makanya saya nulis ini siapa tau dgn tulisan ini bnyak org yg bisa mmbuat kebaperannya jd positif

      Hapus
  20. Luarrr biasa.. 7 menit gambarnya bagus kok.
    Btw, kenapa ya anak IPS kok seringnya jago main bola /futsal. Hehe.
    Saya jarang ah baperan. Paling kalo diomongin miring, saya cuma buktikan aja. Gak pake sakit hati kok. Misalnya pas tetangga bilang "gak mungkin lah lulus masuk USU /universitas negeri di Medan"
    Saya cuma buktikan saya pasti lulus. Dan kejadian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knp ank ips pintar main bola yah Karena anak ips itu (ilmu pintar sepakbola) hihi


      Haha kalo ada niat utk buktiin saat diomongin itu sudah baper namanya mbak,, karena terbawa perasaan...
      Keren mbak bisa kuliah di USU,,, saya aja pengen tp gak bisa

      Hapus
  21. Yang digosipin emak-emak masih berlanjut itu Bang. Belum kelihatan the power of bapernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. power of bapernya yah itu,, tiba2 bisa membaca pikirannya emak2 itu..

      Hapus
  22. Tapi gambar yang dilombakan itu bagus sekali lho mas Fahrul...
    pas SMP lombanya?
    Cak scrol lagi de..
    Ah bener pas SMP...
    keyen ih... ada bayangan di air...
    itu ngegambarnya pake apa mas Fahrul?
    Pinsil warna kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah berkunjung mom linrana yh walaupun cuman tengok gambarnya hihi

      Gambarnya Pake crayon kering mbak,,,

      Hapus
  23. Aihh gambarnya bagus bangettt. Hebat cuma 10 menit lhooo.
    Baper kalo bawa perubahan ke arah yang lebih positif kenapa engga ya kan

    BalasHapus
  24. bacanya langsung berpikir kemana-mana, setuju banget sih baper jika dikelola dengan baik malah membawa dampak baik. lagipula katanya orang yang baperan itu empatinya tinggi ga pernah mau nyakitin orang lain. btw gambarnya mengingatkan masa kecil kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan? Orang baperan itu the best lah hihi

      Iyya mei gambatnya kayak gambar ank TK yah hihi

      Hapus
  25. bwahahhaha...eh dia ganti profpict nya loh pake kartun

    ciyee allu yang tiyep disemangatin cewek mendadak punya kekuatan super..pertama nurani yang matanya belo, bibirnya ga maju, kulitnya kecoklatan dan wajahnya bikin deg degan...biar kata telat hampir mau 2 jam tapi sungguh sangat mencengangkan gambarnya kok bagus banget #serius ini aku nda pereus loh hihi...jarang ada yang gambarnya danau kan...paling umum itu gunung 2 tengahnya ada matahari hahhaha...

    kedua disemangatin nurul, biar kata ada jerawat di pipinya yang penting abis ngos ngosan main sepak bolanya akhirnya bisa semangat lagi walau malah yang ketendang selangkangan lawan ooops....kena kartu kuning deh wkwkwkkwk

    tapi seenggaknya uda ngga jadi oemain cadangan lagi kan gegara rajin makan sosis sonice hahhhahah...apa coba ya hubungannya ma sosis sonice..apa karena bintang iklan sosis sonice pernah ada yang pemain bola?

    kalau yang digosipin di warung hahaha...itu perasaanmu aja kali lul hahhahahah...

    tapi ngomongin baper...aku juga kadang baperan sih...haha...dulu ga tau namanya baperan...tapi kalau sensi iya..palagi kalau uda jelang PMS #beeegh...wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti pict,, kayak gak PD Aja pasang foto sendiri haha

      Padahal saya mau gambarnya dua gunung loh tp gak keburu,, trus ditambahin ada yang pup dan mancing dipinggir danau,, biar kayak lukisan aestetik gitu... Haha

      Emangnya klo mbull baper gakdapet kekuatan super yah??

      Hapus
  26. Hahaha, emak-emak yang julid itu anggep aja fans yang perhatiannya berlebihan ya dan kelebihan energi dan waktu juga sampe bisa ngomongin orang kayak gitu. Gpp baper, Mas.. yang penting tetep semangat berkarya! Nice story.

    BalasHapus
  27. Fokus sama gambar pemandanganya...

    BalasHapus
  28. Bagus banget hasil gambarnya. Perpaduan warnanya pas. Ya. Baper jika diartikan positif sah-sah saja karena membuat kita menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  29. Itu beneran gambar dalam 7 menit?? GILA! Bagus banget!!!

    BalasHapus
  30. Aku akan mengolah sedemikian rupa dan cara agar baperku juga bisa bermanfaat dan berkarya seperti kamu, koh ..., gokiiil cuma 10 menit bisa melukis sebagus itu !.
    Ini aku serius loh muji karyamu, koh ... ,

    Berarti kamu punya bakat seni 👍.
    Teruskanlah ..
    Egh* kok jadi kayak judul lagu begitu, hihi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh mujinya terlalu berlebihan koh,, kalo bagus pasti lukisannya juara haha..

      Haha bakat engaak ada sih, cuman hobi aja ngegambar..
      Haha lagunya agnes mo bukan??

      Hapus
  31. Hemm,,, saya sepertinya bukan orang yang baper, jadi ngga bisa panggil kekuatan super.

    Tapi kadang saya bisa sensi, apalagi kalo mood lagi jelek. Yang ini malah bikin nangis. Tapi masih jaim juga sih.

    BalasHapus