Kriteria Istri Idaman



Hmm.. Sebagai seorang cowok sejati dan kayaknya sudah bukan anak-anak lagi, saya sudah mulai kepikiran kelak istriku nanti bakal kayak gimana yah? Nanti punya anak berapa yah? Bisa punya istri berapa yah? Tapi semua pertanyaan itu mendadak hangus begitu saja, saat pertanyaan ini mulai kepikiran, “emang ada yah yang mau sama saya?”

Sebenarnya gak ada salahnya jika kita menghayal tentang masa depan, biar kita dapat sedikit motivasi buat semangat bangun esok pagi. Saya sering kebayang dan merenungi akan bagaimana sosok wanita yang ditakdirkan untukku kelak. meskipun demikian saya juga punya kriteria wanita idamanku sendiri.


1. Cantik

Mmm, aku tahu kok pikiran kalian, pasti mau tertawa melihat kriteriaku yang pertama ini  pasti kalian pikir saya gak tau diri karena muka ala kadarnya sok-sok-an pengen punya pasangan yang cantik. Okelah saya kasih waktu buat kalian tertawa.


ketawanya udah kan. oke lanjut yah, bukannya saya tidak tau diri tapi justru saya tau diri muka saya ala kadarnya jadi saya menetapkan kriteria menjadi istriku nanti harus cantik agar keturunanku kedepannya bisa sempurna minimal dari segi wajah lah dulu. Punya istri yang cantik juga bikin hidup jadi tenang dan dibawa kemana-mana juga gak malu-maluin. 

Bagiku, wanita saya katakan cantik itu ketika saya memandangnya saya merasakan kenyamanan, merasakan indahnya dunia dan ingin segera menyempurnakan agama *aseek.


2. Cantik

Menurutku cantik itu penting makanya di point kedua ini masih pengen yang cantik dan harus cantik. namun cantik yang ini beda dengan yang diatas, selain cantik fisik, istri idaman itu juga harus cantik akhlaknya. Percuma juga cantik, bodi montok, banyak warisannya kalau ngomongnya kasar, mageran dan mulutnya sering keluar nama-nama hewan itu sama saja semua kecantikan dan keindahannya gak ada gunanya.

Saya selalu percaya orang tua adalah guru pertama bagi seorang anak, termasuk guru dalam mengajarkan akhlak dan agama. Saya gak pengen kelak anak saya jadi berandal hanya gara-gara meniru orang tuanya. Misalnya saya ajarin anakku "nak gak boleh ngomong kasar", terus dia jawab " kok gak boleh, mamah aja sering ngomong kasar". Nah mengerikan bukan?" makanya saya sering menilai perempuan itu dari akhlaknya dulu baru lari ke bentuk fisiknya.


3. Punya pekerjaan

Sebenarnya kriteria ini gak wajib sih tapi kalau bisa saya pengen gitu punya pasangan yang sudah punya pekerjaan. Bukan, bukannya saya cowok matre yang ada uang istri di sayang gak ada uang istri ditendang apalagi cuman pengen memperalat pasangan, bukan !!. tapi karena gak bisa di pungkiri biaya hidup jaman sekarang itu cukup tinggi, apalagi untuk biaya sekolah anak nanti. setidaknya dengan punya pasangan yang juga bekerja bisa lah saling membantu untuk biayain hidup. Gaji saya bisa buat kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah anak sedangkan gaji istri bisa buat jaga-jaga jika suatu saat nanti ada apa-apa, saya juga gak bakalan minta karena itu hak dia.


4. Yang Pintar

Saya kesel banget ngadepin cewek yang bodoh, eh saya ralat kayaknya kata bodoh terlalu kasar deh, saya kesel banget ngadepin cewek yang kurang berwawasan, kenapa? Yah kalo ngobrol jarang bisa nyambung, giliran di jelasin malah gak bisa ngerti-ngerti. Saya sering banget gagal PDKT hanya gara-gara dapat tipe cewek yang kayak gitu rasanya saya gak bakal bisa hidup seumur hidup dengan cewek yang kayak gitu. 

Alasan lain kenapa saya pengen punya pasangan yang pintar, yah karena cuman cewek yang bego yang meyianyiakan cowok keren seperti saya *jomblosombong


5. Sayang sama orang tua

Ini point terpenting sih karena saya pernah nemuin fenomena enggak menyenangkan yang dialami oleh keluarga saya sendiri tepatnya tante saya. Dia cerita bahwa semua mantunya yang cewek dan cowok sifatnya kurang menyenagkan. Seperti menganggap ibu mertuanya sebagai benalu dalam hidupnya bahkan pernah istrinya marah hanya karena anaknya memberi uang kepada ibunya buat masak. Padahal hanya uang untuk masak loh itu pun makannya bareng karena mereka tinggal serumah. kalau istrinya yang dikasi duit buat masak malah dipakein shoping dan jajan makanan diluar sehingga ibu mertuanya bakal kelaparan karena gak ada makanan, padahal yang nyuci piring, jagain anak dan bersihin rumah ibunya semua yang urus. Karena keinginan dari istrinya Jugalah akhirnya ibu dan bapaknya harus meninggalkan rumahnya. sekarang ia numpang dari rumah saudara-saudaranya. Anaknya? Gak ada yang nyariin. Menyedihkan yah, Makanya saya mau nyari pasangan yang sayang sama orangtuaku.


6. humoris

Mungkin kedengarannya sepele tapi bagiku ini yang paling penting, saya pengen banget punya pasangan yang humoris karena saya sangat percaya kita gak akan selamanya berada di posisi atas dan gak selamanya di posisi bawah. *eits  kayaknya pikiran kalian jadi salah arti. Oke saya perjelas maksud kalimat diatas, Maksudnya hidup itu gak selamanya senang-senang terus, pasti bakal ada fase hidup itu menjadi sangat berat bahkan sampai membuat kita jatuh dalam jurang keputusasaan. Nah setidaknya jika suatu saat saya terjatuh dalam fase kelam itu, ada sosok pasangan yang bisa menghibur dan menemaniku untuk menertawakan hidup bersama-sama.


Ehh udah ahh kayaknya sudah terlalu banyak halu, sudah terlalu banyak ekpektasi dan sudah terlalu banyak kriteria yang berlebihan, takutnya nanti gak kesampaian, bisa-bisa kecewa terus nangis dibawah shower *duh kelihatan deh cemenku, meskipun demikian saya tetap sih berdo'a semoga saja kelak saya bisa mendapat pasangan sesuai kriteriaku seperti  yang diatas, Walaupun untuk kriteria yang MAU saja susah dapetnya hihi.


Btw, kalau kriteria pasangan idaman kalian kayak apa? Bisa tulis dikolom komentar yah!!

Posting Komentar

53 Komentar

  1. Dari 6 kriteria yang paling perlu dipertimbangkan dengan sungguh2 adalah nomor 5. Ngeri, punya menantu kayak tantemu. Kasian beliau. Barangkali menantunya tak mengerti agama. Anak2nya salah memilih jodoh. Boleh jadi dia kurang doa sebelum nikah. Mohon ditemukan jodoh yang baik, salehah, dan sayang pada keluarga susmi. Khususnya mertua. terima kasih telah berbagi, ananda Norfahrul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya bu nur ngeri betul,, pokoknya hrus selektif cari jodoh apalg utk kriteria no.5 hrus wajib dimiliki calon pasangan.
      Terima kasih telah mampir bu nur.

      Hapus
  2. Semoga harapannya terkabul ya, Lul.. Baca poin nomor 2 jadi keinget ponakan dari suami, yang kalo marah bilangnya 'anj*ng lo bun!' padahal baru kelas 1 SD. Pas saya tegur, ponakan bilang 'bunda aja sering bilang begitu kalo marahin aku, tante. aku juga pernah dibilang mony*t, b*bi, masa aku balikin dia gak mau?' haduh.. ngeri lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin,, makasih mbak naia..


      Waduhh ngeri bener yah ponakannya mbak naia,, Panggilin ustad butuh di ruqiyah tuh hihi... Bundanya jg ruqiyah hihi...
      Fenomena kayak gitu memang banyak mbak naia, makanya saya gak mau sembarangan cari pasangan.. *jombloselektif

      Hapus
  3. Hah sok bikin kriteria pasangan harus cantik, harus pinter, harus punya penghasilan sendiri, harus sayang ortu, harus humoris, terus mana usahamu wahai anak muda supaya masuk kriteria jadi pasangannya????? Hahahahahahahaha #ngacadirisendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak di baca full sih makanya salah paham,,, sayakan buat kriteria buat motivasi saja,, bukan memaksa hrus punya pasangan yg kayak gitu,, sya percaya kok jodoh itu d tangan tuhan biar gimna kriteria kalau sudah d tetapkan jodoh kita, kita gak bisa protess...
      Itu hanya motivasi saja namanya jg cowok normal...

      Hapus
  4. Yang terpenting Gan, Kriteria pertama dan yang paling utama dalam mencari seorang istri adalah agamanya Gan :).

    Kalau istri tau & paham agama, Insya Allah semua kriteria di atas akan didapat.

    yang terpenting lagi, Istri juga akan menjadi Madrasah pertama untuk anak.
    Contohnya anak nabi Nuh menentang Nabi Nuh, karena ibunya juga penentang.

    sebaliknya, Nabi Ibrahim punya istri yang paham agama, jadinya anaknya jadi bagus juga, jadi Nabi & Rasul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha tulisannya gak panjang dong kalo cuman bilangnya istri soleha hihi

      Hapus
  5. Amiiiin kudoakan yang baik baik saja ya, semoga allu bisa mendapatkan calon istri yang diidam idamkan, yang cantik paras maupun hati atau ahlaknya, pinter, sayang orang tua, lemah lembut, dll. Eh tapi jangan minderan begitu ih, kamu punya kualitas diri yang menjadi nilaimu kan. Harus pede dong. Jangan bolak balik bilang diri sendiri ga okay atau apa hehehe... Yang terpenting mempersiapkan diri menjadi baik juga supaya yang dicita citakan akhirnya kesampaian. Iya kaaaan? Nih sekali lagi kuaminkan kenceng nih.....

    Amiiiiiiin ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin makasih mbull...

      Bukannya sya gak pede mbull,, tp gak pengen somvobg ajah hihi

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Wah lumayan banyak juga yah kriterianya. Tidak ada salahnya sih kita punya kriteria calon masing-masing. Harus percaya diri terus dan berusaha. Saya doakan Kak Fahrul mendapatkan calon istri sesuai idamannya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya kayaknya kebanyakan...

      Hihi terima kasih nufa do'anya..

      Hapus
  8. Wah, semoga masih ada Kriteria istri seperti itu ya gan😂 + yang Sholeh dan mau Nerima kita apa adanya hehe

    BalasHapus
  9. Wahhh kalau semua kriteria itu bisa didapatkan pasti sangat bahagia banget sih.. Udah humoris, cantik lagi.. Duhh *degdegan*

    BalasHapus
  10. Wah banyak banget, tapi semoga masnya bisa mendapatkan calon sesuai kriterianyaa. Aamiin, hehe

    BalasHapus
  11. Menurut saya itu sih bukan halu. Tapi anggap saja doa. Yang baca juga kan jadi ikut mengaminkan...
    Semoga kesampaian semua kriterianya ya...

    BalasHapus
  12. Ditunggu undangannya ya Bang. Kayaknya udah niat banget deh buat nyari pasangan sampai buat kriterianya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi doain aja kak zen.. Itu cuman kepikiran aja gak niat2 amat haha

      Hapus
    2. aku nungguin juga undangannya ya bang hehe, semoga dimudahkan

      Hapus
    3. Haha mohon doanya kak han supaya cepat ketemu jodoh,,
      Memangnya bakal datang kah kalau di undang hahah

      Hapus
  13. Ahaha.. Aku kok terpana dengan "menangis di bawah shower" ya?? 😆😆
    Tapi aku dapat wawasan baru lho.. Bahwa laki-laki juga ada yg mengidamkan istri yang bekerja. Umumnya laki-laki tuh pengen istri yang dirumah aja biar fokus jagain anak dan melayani suami.

    Jujur kalau suami pengen istri di rumah aja tuh buat aku merupakan eksploitasi. Soalnya bakat, passion, dan mandiri secara finansial itu sangat mahal harganya. Malah nggak bisa dibayar dengan uang.

    Eh jadi curcol deh😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pernah kali mbaknya nangis dibawah sower hahah...
      Kalo aku sih maunya punya istri yg bekerja ahaha spya cepet kaya #ehh...
      Nyuruh istri kerja juga termasuk ekploitasi tp kalo istrinya mau ya gak apa2

      Hapus
  14. Hmm kenapa salah satu syaratnya punya pekerjaan sih Kak?

    Bagaimana dengan punya penghasilan. Dalam makna, walau nggak bekerja di luar rumah karena mengurusi anak anak kelak, tapi masih tetap bisa berjuang bersama untuk tetap ada kekuatan finansial di rumah tangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya gak sama yh puny penghsilan dnnpunya pekerjaan?? Kayaknya sama deh hnya bicara sebab dan akibat,, sebabnya punya pekerjaan akibatnya punya punghasilan...


      Hapus
  15. Semoga terkabul istri idamannya sesuai kriteria ya, Mas
    Kalau saya dulu selalu ditanamkan orangtua kalau perempuan harus punya penghasilan sendiri...Maka, meski sejak menikah saya memilih menjadi ibu rumah tangga tidak bekerja di luar rumah lagi, saya tetap berusaha punya kesibukan dengan penghasilan sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih doaya kak,,

      Wah luar biasa didikan orag tuanya kak

      Hapus
  16. Sebagai perempuan saya sangat mengerti mengapa cantik itu masuk kriteria pertama. Sudah fitrahnya manusia, terlebih laki-laki itu suka akan keindahan. Tinggal cara merepresentasikan cantik itu bagaimana. Apakah 100 persen di wajah, atau ada porsi-porsi tersendiri. Orang bilang, cantik itu kan relatif. Kekeke.

    Saya ngakak nih poin kedua masih cantik mas. Wkwkwk. Intinya mah beautiful inside dan outside yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak tp menurutku cantik itu ketika saya memandangnya saya merasakan kenyamanan, merasakan indahnya dunia dan ingin segera menyempurnakan agama haha

      Hapus
  17. Yg pertama cantik fisiknya biar ntar selalu betah di rumah ya Mas,, trus cantik yg kedua cantik akhlaknya dong, itu yg utama. Cantik luarnya kl ucapannya menyakitkan hati, mengurangi poin yaa

    BalasHapus
  18. Nggak diketawaain kok, Ka. Hal yang wajar jika kita ingin memiliki pasangan yang secara fisik bagus, tetapi cantik dari dalam hatinya juga penting karena dwngan sendirinya wajah pasangan pun akan terlihat cantik.

    BalasHapus
  19. Wah kriterianya gak muluk2 koq, namanya cantik kan relatif ya. Cantik menurut orang, menurut kita belum tentu, yang penting cantik juga hatinya ya kan, oya klo pekerjaan freelancer itu bekerja juga kan ya, soalnya hari gini susah lho dapat yg sempurna dalam hal pekerjaan, cmiiw :)

    BalasHapus
  20. Jika menemukan istri yang sesuai yang mba tulis alangkah beruntungnya ya mbak namun jangan berkecil hati bagi para wanita karena yang penting bisa mendampingi suaminya kelak dalam susah maupun senang sudah Alhamdulillah

    BalasHapus
  21. wah kriteria yang sempurna ini sih bang, hehe.. sudah pasti semua pria mendambakannya, semoga bisa dapat paket komplit nih :)

    BalasHapus
  22. tiap bahas kriteria pasangan idaman, pasti maunya yang baik-baik ya. tak ada salahnya memiliki idaman, asalkan diri sendiri juga sama-sama pantas karena jodoh itu katanya cerminan diri sendiri. yang penting itu ibadah dlm kehidupan pernikahannya nanti, terutama krn wanita nanti bagaimana sbg suami memuliakannya

    BalasHapus
  23. Sebelum punya suami saya juga mikir pengen kriteria yang ganteng, yang sholih, sayang sama orang tua dan juga humoris.
    Tapi seiring jalan ternyata manusia bisa saja berubah. Akhirnya kita nggak muluk-muluk, kita cuman pengen orang yang bisa mengerti kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hha iyya mbak terlalu banyak kriteria ujung2nya milih yang Mau aja sama kita

      Hapus
  24. Kriteria pertama dan kedua memang jadi bagian yang nggak bisa dielakkan. Cantik luar dalam intinya, termasuk mempunyai pemahamam agama yang baik. Semoga bisa mendapatkan perempuan sesuai kriteria ya Kak.

    BalasHapus
  25. Insya Allah bisa dapat yang sesuai kriteria, asalkan agan juga memantaskan diri menuju kriteria suami idaman. Selamat berjuang!

    BalasHapus
  26. Kriteria pasangan idaman menurut saya adalah suami saya sendiri, wkwk. Karena sudah nikah, saya ngga mau nyari yg lain lagi.

    Menurut saya wajar sih punya kriteria. Kalo ngga ada malah nikah sembarangan dong, ini yang repot.

    Saya doakan, semoga segera ketemu wanita idamannya, dengan syarat kamu sudah siap dan dia mau sama kamu. Kalo syarat ini tidak terpenuhi, kan sia-sia saja 😅

    BalasHapus
  27. Mantap, dari 6 kriteria yang paling perlu dipertimbangkan dengan sungguh2 adalah nomor 5.


    Vinyl Lantai Rumah Sakit

    BalasHapus