Miss You Desa Pammulukang

Masa-masa KKN yang penuh derita keseruan memang sudah berakhir Namun Rasanya gak bisa saya lupain begitu saja. mungkin karena ada banyak hal yang saya dapat selama 40 hari berKKN seperti Belajar tentang kesederhanaan, keramah tamahan, kebersamaan, gotong royong dan saling tolong menolong. Pelajaran yang membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Mungkin itulah tujuan sebenarnya mengapa program KKN di wajibkan bagi mahasiswa.


Jujur saya kangen banget dengan teman-teman KKNku, yang tiap hari bercanda bareng, makan bareng pup bareng. Tiap ada masalah Marah-marahan sampai baikan lagi demi kelancaran program kerja. Saya masih ingat, dulu saat pertama kali tahu bakal KKN dengan mereka saya hampir frustasi. gimana enggak, tim posko lain persiapannya sudah mantap lahir dan batin, sedangkan tim kami tiap kali mau diadain rapat buat persiapan gak pernah jadi-jadi, selalu ada halangan dan banyak alasan lah, alhasil stress dan kewalahan saat di lapangan.

Saya juga kangen dengan semua warga disana yang ramah, tiap lihat saya pasti mereka pada nyapa, tersenyum, ngajakin ngopi, sampai ngajakin nginep dirumahnya, saat itu saya merasa seperti pria tampan yang punya banyak fans.


Saya kangen dengan anak-anak SD dan SMP yang tiap hari gangguin saya tidur siang di posko hanya untuk minta saya buat main sulap. Iyya dulu saya bisa main sulap-sulapan gitu sekarang semua triknya sudah saya lupa *maklum faktor umur. Tapi kalian Jangan bayangin saya sulapnya ngeluarin merpati di dalam topi yah atau bengkokin linggis pake gigi apalagi sulap yang selamat saat dikubur hidup-hidup. Enggak saya gak bisa. Itu mah sulapnya master limbad. saya beda lagi, saya cuman sulap murahan dari koin atau kartu gitu tapi anehnya anak-anak suka dan penasaran. Setiap saya abis nunjukin trik baru pasti mereka heboh, lompat kegirangan terus maksa saya buat ngajarin mereka sulap.

Saya kangen dengan pemuda-pemuda desa yang selalu siap sedia bantuin kami ngerjain proker dan tiap malam datang ke posko buat nongkong bareng walaupun saya tau niat sebenarnya pengen ngapelin cewek-cewek posko. Meskipun wajah mereka sangar-sangar tapi mereka tetap ngangenin. loh gadis-gadis desa gak kangen ?? Hhmm gimana mau kangen saat saya KKN gadis desanya gak ada yang muncul, itu karena mereka sekolahnya diluar. Bukan, bukan diluar negeri, Jadi tempat yang saya tempatin KKN itu termasuk desa pelosok jadi kebanyakan anak yang sudah lulus SMP mereka ke kota untuk sekolah atau kuliah. Kenyataan itu lah yang membuat pikiran untuk bisa cinlok dengan gadis desa musnah dengan seketika *Huftt siall.


saya masih ingat, dulu saat pertama kali tiba di desa itu jujur pikirin pertama saya itu pengen banget cepat pulang. Bukan, Bukannya tempatnya gak bagus, tempatnya keren banget malah. tapi sayanya aja yang belum siap buat ikut sibuk dalam kegiatan KKN ini, saya masih pengen rebahan di kosan. 

Bukan cuma saya, ternyata semua teman posko ku juga berpikiran kayak gitu terutama cewek-ceweknya yang sulit beradaptasi dengan lingkungan disana. Jadi di desa pammulakang itu jaringan telepon masih belum masuk apalagi jaringan buat internetan. Sebagai anak milenial dan gahol banget. Kami merasa gak berdaya kalau harus tinggal disana selama 40 hari. Gak bisa lagi update status, siaran langsung bahkan videocall bareng pacar *padahal gak punya pacar juga sih.

Namun justru berkat keadaan itulah keakraban kami bisa terjalin, karena gak adanya jaringan kami jadi jarang pegang gadget yang mmbuat kami lebih berinteraksi dengan lingkungan seperti teman dan warga di sana.


Bagiku masa-masa selama KKN begitu seru, rasanya pengen banget saya ulang yah walaupun gak sedikit juga drama yang sering terjadi di posko yang mmbuat kepala pusing dan stress. Tapi setidaknya itu yang membuat masa-masa KKN menjadi berwarna.. Hhmmm benar-benar kenangan yang asik, sumpah saya kangen berat dengan semua hal yang ada di sana.


Terima kasih Desa Pammulukanng dan semua orang-orang didalamnya, terima kasih karena telah menganggap kami seperti keluarga walaupun kami bukan siapa-siapa, terima kasih karena sudah memberikan kami segalanya walaupun kami gak bisa memberikan apa-apa. Terima kasih atas semua kebaikannya, saya pasti bakalan kangen berat dengan kalian semua. Terima kasih teman KKN ku usril, dinah, anita, masni, risda, nurul. Terima kasih telah memberikan pengalaman indah dalam hidupku.




saya mau share beberapa foto yang tersisa di ponselku, yang gak kuat skip aja yah.

sini peluk aku sayang #jombloHALU


jangan lihat orangnya lihat aja pemandangannya


apa kabar sekarang mereka yah ? 

enggak kok, kami gak ngelakuin kejahatan apapun, itu polisi dan babinsa datang karena kegiatan penyuluhan stop narkoba


tangannya di kepal, entah apa maksudnya. mungkin ngajak berantem

foto ini diambil jam 2 malam, yang motoin kayaknya udah ngantuk berat, jadinya ngeblur deh #tapitetaptampan


lagi latihan vocal buat nyanyi bersama saat perpisahan KKN, btw bocil yang depan itu sadar kamera banget yah,, pasti jadi model kalau gede,

lagi ngajarin bocah SD soal permasalahan perekonomian indonesia yang sifatnya terus menurun yang berdampak terhadap tingginya angka kemiskinan di indonesia pada 3 tahun terakhir.

karena keseringan dekat dengan saya mereka jadi ketularan gaul, lihat saja tangannya rocker abis kan? tapi lebih terlihat kayak orang kena struk sih. 



muka sangar semua, yang gak kuat skip aja

yang dibelakang itu bukan penampakan, itu saya yang baru bangun tidur diajakin selfi tapi masih ngantuk

sauzan dan arini, anak ini selalu dijailin teman laki-lakinya di sekolah, saya yakin sih anak-anak yang jailin itu pasti  nyesal kalau sudah gede

menanam pohon itu penting, tapi yang lebih penting eksis dulu sebelum menanam

lagi ngajarin bocah ini ngedance untuk persiapan acara perpisahan KKN


perhatikan anak yang botak itu, entah apa yang merasukinya

berasa dikerumuni fans


foto di perbatasan desa pammulukang dengan kelurahan sinyonyoi, foto terakhir sebelum ninggalin desa ini sebagai anak KKN #sedihMEN





udah ahh kalau di post semua foto yang ada gak bakalan muat dan nanti kesannya kayak album foto lagi. jadi sekian dan terima kasih sudah membaca kawan-kawan

Posting Komentar

24 Komentar

  1. wah seru sekali... jadi inget jaman praktik juga, kalau saya keguruan jadi namanya KKPPL, cuma praktiknya di sekolah agak kota, ada kenangannya sih tapi nggak terlalu seru kayak cerita di postingan ini hihi... malah yg ada gaps antar jurusan (kami ips dan pengajar lain ipa dan bahasa), karena jurusan ips di sekolah tempat saya praktik ngajar sangat diprioritaskan sampai yg lain iri... kwkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh kayak magang yah kak?
      Wah baru dengar tuh ada sekolah anak ips nya yang di prioritaskan biasanya anak ipa...

      Hapus
  2. Pas dulu saya KKN juga desanya sulit sinyal, kecuali Telkomsel kenceng, provider hape saya. Jadinya sering jadi hotspot wifi, gratisan lagi makenya ga patungan.

    Masih inget omongan temen KKN di balai desa pas hari terakhir nunggu truk jemputan buat ke jalan raya: "Ada dua momen di kuliah yg indah untuk dikenang tapi ogah kalau harus diulang, yg pertama ospek, kedua KKN."

    Itu omongan tahun 2014, sekarang temen-temen KKN udah pada punya keluarga dan masih ada grup Line-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mulia skli anda saat kkn bang...
      Tmn2ku juga sdah nikah dn grup WAnya jd sepi, tkut sama suaminya mungkin

      Hapus
  3. Untuk pertama kalinya memang terasa asing, namun setelah lama kelamaan di tempat itu selama KKN rasanya kok nyaman. Apalagi ditambah kebersamaan dengan teman-teman, entah itu saat melaksanakan program yang berlangsung ataupun canda tawa saat selesai program. Beruntung banget sih bisa ngerasain itu semua, saat ini mungkin semua dilakukan secara daring. Yang daring saat ini gak akan pernah ngerasain masakan temen yang kecutnya tapi dibilang enak wkwwkk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha betul banget bang,,

      Tp lebih tepatnya masakan yg bisa bikin kita keracunan tp terpaksa di makan demi bertahan hidup hehehe... Tp ngangenin di lidah

      Hapus
  4. Zaman dahulu, banyak mahasiswa yang kecantol gadis desa tempatnya berKKN. Bahkan ada sampai menikah. He he ... Apa jadinya kalau seorang Norfahrul mengikuti jejek para senior tersebut. He he ... Selamat pagi, ananda. Terima kasih telah berbagi kengan indah dan mengesankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maunya sih gitu tp gak bisa bu, soalnya gadis desanya dikit kebanyakan keluar kuliah atau sekolah

      Hapus
  5. wuih masa kkn itu masa yang paling indah mas, bisa bertemu dengan orang desa yang orangnya ramah-ramah, kebetulan desaku dulu permah di didatengin anak kkn, dulu waktu aku smp pernah kenal mbak kkn nya cantik banget aku jadi naksir hehehe.. pas perpisahan ranaya sedih banget :D

    BalasHapus
  6. Dari foto-fotonya saya lagi ngebayangin keseruan saat melakukan KKN apalagi ngumpul sama bocah-bocah yang masih polos pastinya sangat mengasikan.

    BalasHapus
  7. Foto kedua: wah bayangannya bagus ya.. wkwkwk

    Pak gurunya gondrong.. seru banget ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sbnarnya manusia di balik byangan itu lbih keren lagi wkwkwk

      Haha saya bukan anak jurusan pendidikan jd gak pantes d panggil pak guru hihi

      Hapus
  8. haha, iya nih betul kata mbak Naia, keren pak Guru nya gondrong and gaul euy.. hehe... :D
    pemandangannya sih lumayan adem ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha
      Iyya pemandangannya ademm banget kayak di mushollah

      Hapus
  9. wuihhh indro warkop jaman muda nungul euy hihihi

    eh eh...haha kasiman kamu lul...musnah sudah harapan cilok eh conlok dengan gadis desa gegara pada sekolah di luar daerah semua hihi

    enak banget ya kayaknya di sana. Warganya ramah, nyemedulur semua istilah jawanya...ga sungkan bantu kalau ada apa apa...trus bisa latihan dekat anak kecil juga ya ekekek...sulapan koin? digimanain tuh yang diumpetin di tangan bukan?
    asyik banget kkn ya, aku ga ada kkn sih lul jurusanku ekbang...ekonomi studi pembangunan wkwkkwk..langsung skripsian waktu itu dong ahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha gila lu ndro.

      Haha iyyaa musnah sudahh,, padahal enak banget kalo bisa bawa pulang gadis desa hihi

      Iyya mbull warga disana nyemedulur banget,

      Iyya mbull kalo aku pegang koin pasti bisa ilangin *yaiyalahdipakebelikrupuk.
      Tp aku lebih sering main sulap kartu sih waktu itu.

      Wahh sayang banget tuh gak ngerasain KKN mbull... Pdhal hal indah selama kuliah yah kkn...

      Hapus
  10. Jadi sedih sendiri bacanya :(
    Saya jadi kangen masa-masa yang berlalu juga hiks :'

    BalasHapus
  11. Masya Allah, Mantap Gan. Semoga selalu menjalin komunikasi dengan mereka

    BalasHapus
  12. KKN memang masa-masa yang akan dirindukan sih...
    Oh yah, untuk teman-teman yang ingin mencari tempat untuk guest post bisa banget loh, di web kami Yoexplore . co . id

    BalasHapus