Antara kerja atau uji mental


Dua minggu yang lalu saya tiba-tiba ditelpon oleh salah satu seniorku. bukan, bukan mau nagih utangku yang selama ini saya pinjem tapi dia cuman pengen ngajak ikut kerja gitu tapi kerjaannya ini cuman seminggu doang.

Saya berpikir pekerjaan apa yang seminggu doang ? saya pun nanya-nanya kerja apaan tuh. Dia pun ngejelasin bahwa kerjaan itu sebuah proyek RHL (Rehabilitasi hutan dan lahan) sesuai dengan namanya proyek ini bertujuan untuk  memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan guna meningkatkan daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan.  

Oke terlalu rumit, saya bakal jelasin secara singkat dan jelas, jadi tahun 2019 lalu 4 kabupaten yang ada di provinsi sulawesi barat mendapat proyek untuk memulihkan lokasi hutan yang gersang dengan cara ditanami, adapun jenis pohon yang ditanam itu seperti jati, kemiri, durian dan mahoni. Nah setiap tahunnya ada tahapan yang namanya penilaian buat mengetahui lokasi mana yang tanamannya hidup dan yang mati agar bisa ditanami kembali (penyulaman). Jadi tugas saya ini naik ke lokasi buat ngecek lokasi mana saja yang butuh disulami kembali. 

Sebenarnya saya gak yakin dengan ajakan itu, rasanya campur aduk, ada perasaan senang, bingung dan inget mantan #eh

Saya senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan RHL ini tapi Saya juga bingung apakah saya harus mengiyakan ajakan ini, soalnya pekerjaan ini posisi nya dilapangan itu artinya selama seminggu itu saya bakal mendaki naik turun, menelurusi gunung. Apa saya sanggup ? boro-boro mendaki gunung ke toko depan rumah aja kalo mau belanja sesuatu perginya pake motor, itu pun kalo lagi mager nyuruh adek buat pergi beli. Namun dengan iming-imingan bahwa kalo gabung bakal dapet duit dan surat pengalaman kerja ya udah saya iyain deh buat ikutan ( meski gak yakin-yakin amat).

Sabtu 23 oktober, kami 1 tim (4 orang)  janjian di kaki gunung buat  berangkat menuju ke lokasi, gunung tilong. Segala persiapan sudah siap tapi pas hari H ke 2 anggota kami mengalami kendala dan gak bisa ikut. Efeknya terpaksa lokasi 2 petak dengan luas 50 ha yang harusnya di bagi 2 tim (1 tim 2 orang) kini di bagi 2 orang, saya dan seniorku yang bernama supratman. Dampaknya kaki saya yang unyu ini langsung gemeteran. Hari itu saya seperti menyesal karena sudah mengiyakan ajakan ini. Tapi mau gak mau saya harus jalankan komitmen saya dari awal saya harus profesional.

Karena kekurangan 2 personel akhirnya kegiatan ini ditunda dulu sampai tim kami lengkap kembali, 

Yeahh kami sudah lengkap kembali, allu, ihsan, awwi dan supratman

Sebenarnya sih gak ada sesuatu yang spesial dalam kegiatanku kali ini semuanya berjalan dengan normal, mendaki gunung-nelusurin hutan-pulang ke kosan besoknya mendaki gunung-nelusurin hutan-pulang ke kosan gitu aja terus udah kayak ninja Hatori. mungkin salah satu hal menarik untuk diceritakan selama kegiatan ini, adalah pas di lokasi ke 6 dan ke 7. Jadi ceritanya kayak gini. 


Gubrakkk Gubrakk *suara petir**musik serem*


Lokasi ke 6 berada di gunung ratte undu 3 dan lokasi ini pas berseblahan dengan lokasi terakhir yaitu ratte undu 1. Jarak perjalanan dari kosan ke lokasi ratte undu 3 memerlukan waktu 4 jam perjalanan, sejam naik motor dan 3 jam buat jalan kaki sampe lokasi (+mendaki) dengan keadaan seperti itu terpaksa kami mutusin buat nginap diatas gunung itu dari pada harus pulang dan balik lagi esok harinya. Karena itu bakal memakan banyak waktu dan tenaga. kebetulan didalam hutan itu ada sebuah pondok yang bisa di pakai untuk kami bermalam. 


Sepanjang perjalanan menuju lokasi, saya gak ngerasa menikmati pemandangan hijau yang dimiliki lokasi undu 3, bukan.  Bukan, karena kurang indah tapi karena sepanjang jalan ada beberapa titik rute yang bikin saya cukup kelelahan. Yang pertama karena trackingnya kebanyakan nanjak dan yang kedua karena cuaca siang itu panas banget udah kayak isu politik di indonesia. Dengan keadaan tersebut mana bisa saya menikmati perjalanan padahal suasananya indah banget.

Asli panas banget coy, tapi kalo difoto harus tetep cool


Sesampainya di pondok kami istirahat buat makan dan meluruskan kaki sejenak sebelum kembali melakukan tugas buat ngecek tanaman yang ada di ratte undu3.  Saat kami istrihat ada sebuah suara gede banget seperti sebuah pohon yang tumbang gitu. Awalnya kami pikir mungkin beneran ada pohon yang tumbang jadi kami gak terlalu meduliin. 


Setelah membagi kelompok menjadi 3 (1 kelompok 2 orang) kami pun secepatnya jalan ke lokasi soalnya pendamping lapangan mengatakan bahwa kami harus balik ke pondok jam 5 sore apapun yang terjadi harus segera kembali. 

Saya dan temanku awwi pun segera melangkah kelokasi. Saat pertama kali melangkah masuk lokasi entah Kenapa saya ngerasain seperti ada yang mengawasi kami terus, saya benar-benar merasakan keberadaan seseorang selain teman saya. Alhasil selama berjalan saya jadi keseringan nengok kesana kemari liat kesekeliling. 


Saat memasuki plot 12 sesuatu yang aneh saya dapatkan, jadi buat bisa nyebrang dari plot 12 ke plot 11 kita harus nyebrang sungai yang lebarnya sekitaran 1 meter setengah dengan kedalaman skitar 2,5 meter. *entahlah saya gak sempet ngukur*. Karena gak ada jembatan saya dan temanku awwi harus lompat buat bisa ke seberang sungai. abis nyebrang kami pun berjalan ngikutin peta digital yang ada di handphone, gak lama berjalan sekitaran 8 meter kami nemuin lagi sungai yang ukurannya hampir sama, kami lompatin lagi dan kejadian yang sama terulang lagi sampai 6 kali kami nemuin sungai yang ukurannya hampir sama. Saat itu juga saya merasa ada yang gak beres Dengan semua ini tapi gak berani ngomong apa-apa ke awwi takutnya dia panik terus dia lari ketakitan lagi kayak ibu-ibu yang lagi ngejar diskonan. 

Setelah melewati 6 sungai yang jaraknya saling berdekatan saya melihat di kejauhan ada sebuah pondok-pondok dan penghuni nya yang sedang memasak gula aren. Dalam hati, saya merasa lega karena di hutan itu ternyata ada orang yang kami jumpai selain pendamping lapangan. 

Saya pun menengok kembali ke peta digital buat ngecek ke arah mana kami akan berjalan lagi. Ternyata kami harus lurus beberapa meter sampai ke pondok-pondok orang itu terus belok kiri naik diatas bukit yang ada di samping pondok itu. Anehnya, pas melihat kembali kedepan, saya sudah tidak menemukan apapun. Enggak ada pondok atau seorang pun di sana. Saya kebingungan, bulu kudukku merinding seketika. saya menoleh pelan ke awwi, ternyata awwi gak menyadari hal itu, jadi saya gak ngomong apa2 dan cuman bergumam dalam hati "masa sih saya salah liat ?" 


Saya pun mencoba berfikir positif dan tetap lanjut jalan melupakan kejadian ganjil tadi. Hingga pada saat di plot 4 saya kena musibah, jadi saat itu kami di hadapin dengan jalan yang   buntu. Buntu dalam artian untuk bisa keluar dari hutan kami harus nurunin jurang buat bisa tembus kembali ke pondok. Pertama awwi yang turun dan berhasil. Nah pas saya mau turun sepatu saya licin, sontak saya pun megang tanaman yang ada di bibir jurang, ehh ternyata tuh tanaman, tanaman yang berbulu dan paling parahnya bulunya itu tajem banget, lebih tajam dari jarum coy.. Bayangin gimana sakitnya tuh megang tanaman, saya pun teriak kesakitan pada saat itu juga. Saking kencengnya awwi yang berada di bawah kembali keatas. bukan, bukan karena peduli tapi karena penasaran aja apa yang terjadi dengan saya. Pas dia tau saya kesakitan karena tanaman itu bukannya nolongin buat cari daun balakacida yang biasa dijadiin obat luka ehh malah asik ngevideoin, *teman kampret*.


Jam sudah nunjukin 04.30 langit sudah terlihat remang-remang tapi masih ada 5 plot yang belum kami periksa, jadinya kami lari buat ngejar waktu. Di perjalan turun dari gunung kami melihat sesuatu yang aneh, ada batu gede yang keselip diatas pohon, entah apa itu saya pun sempetin foto terus kembali lari turun. 

entah kenapa di foto batunya terlihat kecil padahal batu dan pohon itu gede loh, saking gedenya mungkin butuh 2 sampe 3 orang dewasa buat bisa ngangkat batu itu


Karena sempetin nge foto tuh batu saya dan awwi jadi terpisah, saya terus teriak manggil namanya tapi gak ada jawaban. Akhirnya saya mutusin buat balik ke pondok, bukan. Bukan karena gak setia kawan tapi saya ingat kata pendamping lapangan kami yang mengatakan apapun yang terjadi kalo udah jam 5 sore harus segera balik. 


Di pondok semua anggota sudah ada kecuali awwi. 

Awwi mana? Kata pendamping lapangan. 

Enggak tau, tadi dia ninggalin aku. Jawabku. 

10 menit kemudian awwi datang dengan nunjukin wajah yang shock dan sedikit pucat, seperti habis ngeliat mantan jalan dengan pacar barunya.

Udah selesai belum? Kataku. 

Belum ! Jawab awi dengan ekspresi wajah yang masih shock

Kenapa gak diselesain? Tanyaku penasaran. 

Saya gak berani jalan lagi, soalnya tadi saya melihat jejak kaki yang gede banget, jadinya saya kembali deh. Kata awwi sambil gemeteran. 

Gak ada yang tau jejak kaki apa itu, namun yang kami tau kami gak usah bahas kejadiannya soalnya kami bakal nginap malam itu didalam hutan. Takutnya bakal terjadi apa-apa. 


Malamnya kami makan bersama, walaupun cuma mie instan campur telur tapi rasanya begitu nikmat kayak makan di restauran bintang lima. Abis makan saya pun masang hammock buat tidur, sedangkan teman yang lain tiduran dilantai. Saya , kak ihsan dan pendamping lapangan tidur duluan, berharap esok pagi bisa lebih semangat lagi kerjanya Sedangkan Awwi dan kak supratman berada di teras pondok sedang asik nonton video yang ia simpan di youtube.

Entah jam berapa yang jelas belum tengah malam, Lagi enak-enaknya tidur suara gede dan ribut membuat kami terbangun, suara itu berasal dari ulah awwi dan kak supratman. Yang lari ketakutan masuk kedalam pondok lalu sembunyi kedalam sarungnya. 

Ada apa ini? Kataku. 

*Hening*

Gak ada yang berani ngejawab

Saya gak tau apa yang terjadi, yang saya tau malam itu wajah awwi yang shock dan pucat kembali terlihat. 


Sehabis kejadian itu saya gak bisa lagi tidur,  kepala rasanya pusing banget, mikirin apa yang sebenarnya terjadi pada awwi dan kak supratman. Pikiran serem pun mulai muncul terus menerus dalam kepalaku. Apa mereka liat kuntilanak mojok dipohon? Apa mereka liat pocong lagi boker atau mereka liat foto selfi mereka sendiri? 

Saat sedang khusyuk untuk bisa tertidur kembali, tiba-tiba saya merasakan tangan yang sedikit lembab meraba kakiku. 

Saya bingung, siapa nih yang meraba-raba saya. Jangan-jangan, !! Ahh tidak !! Masa ia salah satu diantara mereka ada yang homo dan memilih saya buat dirangsang. Kalaupun bener seperti itu, kayaknya ini bukan waktu yang tepat deh, kitakan lagi di tengah hutan.


Sepanjang malam itu saya mendengar suara-suara aneh seperti, suara orang yang sedang beraktifitas di samping pondok, suara-suara hewan yang aneh dimalam hari  dan 4 suara yang berbeda dengan bunyi bersamaan udah kayak paduan suara, (suara ngorok anggota tim). yang terakhir paling serem sih soalnya dengan fakta itu berarti nunjukin bahwa yang sedang ngeraba-raba saya ini bukan salah satu diantara mereka. 


Jadi siapa dong ?? 

Saya gak tau, saya gak berani membuka mata dan mastiin apa itu, saya cuman keringetan dan diem kayak batu. rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, malam yang harusnya hanya berlangsung 12 jam berasa kayak 1000 tahun lamanya bagiku. 

Malam itu saya mengingat sebuah pelajaran yang saya dapet dari salah satu episode ekspedisi atap negeri di channel youtubenya fiersa besari, katanya ada beberapa warna yang pantang digunakan didalam hutan seperti warna merah, kuning, dan warna cerah lainnya. Kabarnya kalo di hutan sulbar itu dilarang pake baju warna merah, soalnya jika kita pake artribut warna merah konon katanya kita bakal dianggap sebagai darah yang siap buat dia santap dan emang sudah banyak terjadi korban yang make baju warna merah. 

Saya baru sadar hammock yang saya pake saat itu adalah warna nya merah. Whatt !!. Didorong dengan rasa takut yang amat sangat besar, saya pun lompat dari hamnock terus bergabung di tengah-tengah temenku yang tidur dilantai. Tidur berkerumung dengan mereka membuat saya merasa sedikit lega dan bisa tidur dengan tenang huft. 


Paginya kami bangun, sarapan terus siap-siap buat kerja lagi, sembari kami ngobrolin apa yang terjadi semalam, ternyata tadi malam yang membuat mereka lari ketakutan itu karena ada sebuah suara yang gede banget seperti pas pertama kali kami dateng di pondok itu suara kayak sebuah pohon yang rubuh padahal menurut kak supratman saat di nelusuri hutan yang ada di belakang pondok gak ada 1 pun pohon yang tumbang. Jadi mereka gak tau suara apa itu tapi menurut perkiraan awwi mungkin suara itu berasal dari orang pemilik jejak kaki yang gede itu. Allahualam Bulu kudukku cuman bisa merinding setelah mendengarkan cerita mereka. 

Sekitar Jam 8 pagi kami siap-siap buat kerja lagi nelesuri hutan, sengaja kami berangkat pagi biar pulangnya gak sampai sore hari. 

saya merasa sedikit khawatir sih melihat lokasi undu 1 yang bakal saya masuki. Pasalnya pas melihat petanya, undu 1 didominasi oleh hutan yang rimbun bahkan sampe sinar matahari pun gak bisa tembus. Saya takut bakal di ganggu lagi oleh mahluk abstral itu. Jadi buat jaga-jaga saya jalan sambil bawa tasbih di tangan kanan dan peta digital di tangan kiri. Alhamdulillah gak terjadi apa-apa walaupun saya sempet ngeliat sosok manusia yang berbadan gemuk di dalam hutan jati. Kejadiannya cepet banget saya belum sempet negur dia eh dia tiba-tiba ngilang begitu saja. Pulangnya dari lokasi saya sempet bertanya kepada pendamping lapangan mengenai apa yang saya rasakan 2 hari di dalam hutan itu, pertama saya melihat sebuah pondok-pondok dan penghuninya tapi tiba-tiba ilang begitu saja, kedua saya diraba-raba oleh mahluk yang gak bertanggung jawab dan yang terakhir saya melihat orang yang gemuk yang juga tiba-tiba ngilang didalam hutan. 

Pendamping lapangan malah balik bertanya, apa kamu sempet pipis di sungai? Apa saat kamu masuk dihutan kamu pernah ngomong jorok? Dan apa kamu pernah ngerusak pohon-pohon didalam dihutan? 

Saya cuman ngejawab iya, saya sempet pipis disungai soalnya gak ada wc juga dihutan dan kalo pipisnya di sungai bisa langsung cebok, jadi gini saya pikir yang gak boleh itu pipis dibawah pohon kan takutnya ada penunggunya. Kedua iya saya juga sempet bukan sempet sih tapi sering ngomong jorok pas jalan kedalam hutan, yah mau gimana lagi udah kebiasaan pas main game online selalu ngomong jorok jadi kebawa terus deh. Ketiga iya saya sempet matahin dahan pohon biar dijadiin trekking pole Soalnya keadaan tanah dalam hutan itu licin banget. 

Pendamping lapangan cuman bilang "nah itulah jawaban dari pertanyaanmu tadi" 

Capek jalan terus, 

Oke sekian dulu ceritaku selama ngikutin kegiatan RHL ini, dari kejadian ini saya dapat lagi pelajaran berharga sebelum melakukan sebuah petualangan, didalam hutan kita harus bisa menjaga attitude kita, walaupun kesalahan kita kecil seperti cuman pipis sembarangan doang, tapi dampaknya bisa gede banget kawan. 

Posting Komentar

28 Komentar

  1. Wow ... Ceritanya seram. Soal larangan pakai baju merah di hutan itu berlaku umum. Kalau di Sumatera sini takut diterkam harimau. Selamat malam, ananda Fahrul. Oh, ya. Masak anak ke hutanan takut masuk hutan. He he he ... Terima kasih telah berbagi kisah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus tuh nek, cuman harimau, masih bisa lari,, lah disini mahluk goib nek wkwkw...
      Wkwk anak kehutanan jg manusia nek punya rasa takut,,, emangnya anak penerbangan berani di suruh lomoat dari pesawat?? Wkwk

      Hapus
  2. Wah, seram juga ceritanya ya Bang.
    Tapi Teddy masih penasaran soal yang ditanyakan Abang ke pendamping lapangan.

    Beliau hanya jawab "nah itulah jawaban dari pertanyaanmu tadi"

    Gitu aja Bang? Nggak ada keterangan lain?

    BalasHapus
  3. Iyya maksudnya,,, jawabannya dari pertanyaanku tadi yah karena saya sudah semacam melanggar etika yang ada dalam hutan itu bang

    BalasHapus
  4. Pengalaman yang menarik yang cukup dibaca bagi saya dan ngga perlu dialami langsung, soalnya saya orangnya penakut.

    BalasHapus
  5. wih kalo aku seneng banget pasti dapet kerjaan di dalam huran ataupun gunung, soalnya aku suka dengan adventure di tempat seperti itu, tapi sampai sekarang pun belum punya satu kali kesempatan :D

    hutan gunung emang banyak mahluk gaibnya sih mas, jadi harus hati-hati dan jaga sopan santun, tapi pastinya ada pelajaran yang busa di ambil kaan :D.. nikmatin aja mas kerjanya, busa jadi pengalam berharga kok, sekarang cari kerja juga susah kan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok bang pekerjaan adventur gitu.. Tp lebih mending kerja kantoran bang



      Hapus
  6. Sepertinya pesan moralnya dimanapun kita berada sekalipun di tengah hutan adab tetap perlu dijaga. Karena makhluk di sekitar baik yang kelihatan maupun tidak mesti kita hormati.
    Senang sekali baca pengalamannya mengikuti kegiatan RHL ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe alhamdulillah kak dian bisa dapet pesen moralnya

      Hapus
  7. Wih seram juga pengalaman ta'. Jadi pelajaran berharga untuk berikut-berikutnya.

    Eh, ngomong2, masih mau kalau diajak kerja lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm gak tau dehh tapi kayaknya masih tetep pengen ikut kalo di ajak lagi, soalnya masih butuh duit hehe

      Hapus
  8. Padahal sejatinya bang, tidur di hutan itu enak loh bang. Kenangan masa kecil yang aku suka karena ayahku dulu suka beraktivitas di hutan. Bahkan almarhum pernah hilang sendirian di hutan. Tidur di bawah pohon gede yang gedenya seluas rumah petak. Alhamdulillah beliau emang gak penakut. Jadi biasa saja katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kebetulan bapaknya belum ketemu goibnya hutan kak

      Hapus
  9. Wah ternyata oh ternyata..., Saya jadi tau hal menyeramkan itu.
    Btw itu pengalaman unik, dan cerita sialul ini bisa nih dijadiin buku terbitan.
    Ceritanya sudah seperti baca cerita Tere liy, kerennn...
    Dan tidak membosankan, malahan bikin nagih, dan nunggu-nunggu episod kelanjutannya
    Nexnya bisalah bang alul jadi penulis baru terkenal Indo, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya kak,, tapi kayaknya berlebihan deh kalo mau disamain ama tere liye hehe...
      Tp saya aminkan dehh pernyataannya terakhir hehe

      Hapus
  10. Mendaki di gunung emang perlu hati hati nggak boleh ngasal. Karena disitu bukan wilayah kita, kalau ada pantangan sebaiknya nggak usah dilarang tapi jalanin aja

    BalasHapus
  11. Jadi, kalo kita sedang berada di dalam hutan, kalo mau pipis sebaiknya bagaimana ya mas Fachrul?
    Biar gak diapa-apain sama yang tinggal di situ?
    Pan toilet pasti ndak ada...

    BalasHapus
  12. Ceritanya sungguh menegangkan. Saya belum pernah ke gunung apalagi ke hutan semacam itu tapi kalau "pammali" memang percaya karena sering terjadi sejak saya kecil

    BalasHapus
  13. Alamnya masih asli sekilas melihat tapi ternyata sudah rusak parah ya hutannya..untung ya ada kegiatan RHL ini seru baca ceritanya..ga kebayang kalau ada cewek yang ikut itu gimana klo mau pipis dihutan gitu hehe

    BalasHapus
  14. waduh uji mental sih kalau ini hehe.. saya menepi aja kalau di suruh menyusuri hutan lewati lembah naik turun gunung wkwkwk

    BalasHapus
  15. Kalau kata suami tiap kali ngajakin trekking selalu bilang, "Jangan mengambil apapun selain gambar, jangan meninggalkan apapun selain jejak, Jangan membunuh apapun selain waktu."

    BalasHapus
  16. Kerjaan RHL itu gak cuma dapat duit tapi dapat pahala yang besar banget mas, sebab menghijaukan kawasan hutan kembali, memperbaiki lahan yang sudah dipakai untuk aktivitas tambang misalnya. Selamat bekerja dan mengabdi mas. Tetap semangat.

    BalasHapus
  17. Wah mas aku baru denger soal warna pantangan itu lhoo. Trus beberapa waktu kemarin ikutan baca juga di blognya traveler blogger doi pake warna merah ke gunung. Aduh semoga hanya mitos ya mas. Keder juga kalo kena celaka, tapi mudah2an engga sih

    BalasHapus
  18. Waduhh,uda rasa campur aduk. Eh,ujung-ujungnya ingat mantan ya,ngakak banget sih,hahaa. Kerja sambil nguji mental tentunya akan semakin menguatkan diri nih untuk bertahan,eakk.

    BalasHapus
  19. Waduh, petualangan sambil kerja yang sangat mendebarkan dan mengasyikkan ya bang alul.

    Jadi seram pas baca di dalam hamstock ada yang gerayangin, kalo yang ngerayangin mantan sih enak ya bang, tapi kalo makhluk astral.😱😱😱

    Berarti gara gara pipis sembarangan jadi ngalamin hal unik begitu ya, untungnya selamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk bahaya jg kalo mantan yang gerayangin yah.. Bisa2 baper kembali wkwk...



      Banyak sih faktor penyebabnya bang,, tp salah satunyabyah itu jg

      Hapus