Perkara Sebuah Nama


Banyak yang mengatakan nama itu sangat penting karena nama adalah do'a, itulah mengapa banyak orang yang menamai anaknya dengan nama-nama dari al-qur'an atau islami seperti muhammad, aisyah, ibrahim, musa, fir'aun dan masih banyak lagi.

tapi saya sih Gak setuju menurutku apalah arti sebuah nama, lee min ho juga bakal tetap ganteng kayak saya walaupun namanya di ganti jadi sapri.


Saya sendiri sudah beberapa kali ganti nama, kata mamaku sih saat di kandungan saya rencananya akan di beri nama "salsabila" jika sudah lahir. Iya, kalian gak salah baca kok, SAL-SA-BILA. jadi dulu itu rencana saya mau di aborsi karena jarak umurku dengan kakakku terlalu dekat, tapi kata dokter sayang sekali jika harus di gugurin karena anak didalam kandungan ini cewek saat di USG, karena kakakku cowok dan mamaku juga ingin anak cewek jadi saya gak jadi di gugurin deh. Waktu mendengar cerita dari mamaku itu, saya gak tahu mau bersedih atau bersyukur. saya sedih karena nyawaKu pernah terancam di tangan orang tuaku sendiri tapi saya juga bersyukur karena saya selamat waktu itu. Saya mungkin bisa tidak selamat saat itu tapi Allah sangat sayang kepadaku.

23 agustus 1997 akhirnya lahirlah cowok super tampan saya dan kalian pasti tahu gimana respon orang tuaku, yah mereka kaget. "loh kok cowok sih". Mengetahui anak yang lahir cowok, mau gak mau dengan pemikiran kasihan juga kalo di buang orang tuaku pun menerima saya apa adanya, *huft saya selamat lagi, allah masih sayang kepada saya. 

Fathur rahman adalah nama yang di berikan kepadaku waktu bayi hingga berumur 3 tahunan, namun diumur segitu saya kerap mengalami sakit. orang tuaku percaya tentang mitos keberatan nama. Jadi keberatan nama itu adalah nama yang diberikan kepada seseorang namun orang tersebut tidak kuat memikul namanya, sehingga meyebabkan orang tersebut sering sakit, kerap mengalami kenahasan, dan hidupnya sering dilanda derita (katanya sih gitu).

Jadilah namaku diganti dengan nama muhammad nur fahrul, Gak tau juga sih inspirasinya dari mana fathur rahman ke muhammad nur fahrul tapi seandainya saya bisa bicara waktu itu saya mungkin akan meminta diberikan nama leonardo diCaprio, kan pasti keren tuh jika ada yang nanya nama kamu siapa? terus saya menjawab dengan sok keren nama saya leonardo dicaprio Atau jika suatu saat nanti saya ikut dalam sebuah turnamen, kemudian saya keluar sebagai juara di turnamen itu dan nama saya dipanggil ke atas panggung "Mari kita sambut juara bertahan yang tak terkalahkan selama satu dekade di turnamen sabung ayam tingkat kabupaten, Leonardo dicapriooo...!! pasti keren abiss tuh. Tapi itu gak terjadi huft, saya gagal jadi cowok keren.

waktu SD dan SMP gak ada masalah dengan namaku ini, tapi setelah menginjak bangku SMA, saya mulai dihadapkan dengan masalah dan itu di mulai saat ada satu temanku yang ngeledek namaku.


"cowok kok namanya Nur" kata kevin eh bukan terlalu keren, namanya kendi kita pake nama aslinya saja.

Mendengar kata-kata kendi saya bingung mau jawab apa, pasalnya saya gak tau apa masalahnya nama nur untuk seorang cowok. nur kan artinya cahaya dan banyak juga kok tokoh-tokoh cowok hebat yang juga terselip kata nur dinamanya. Contohnya saja Gatot Nurmantyo (Panglima TNI), Nur Pamudji (Dirut PLN) NURdin M. Top dan masih banyak lagi


Tapi ledekan itu malah menjadi-jadi saat wali kelasku juga ikut-ikutan ngeledek. Setiap ia ngabsen dia pasti memanggil namaku dengan nama Nurul, itu diambil dari kepanjangan NUR-fahr-UL. Pernah suatu hari wali kelasku marah karena saat ngabsen saya gak nyahut.


"kamu tuli yah?". Kata wali kelasku.

Saya hanya diam gak mau menjawab karena yang dia ajak bicara itu nurul dan saya bukan nurul.

"kalo kamu gak nyahut saya anggap gak hadir" kata ia lagi.

"BUKAN, namaku bukan Nurul pak, tapi Muhammad nur fahrul." Aku menjawab dengan kesal.


Saya kesal karena semenjak wali kelasku ikutan-ikutan ngeledek namaku, saya jadi diledekin satu angkatan di sekolah. Kadang ada temanku yang manggil saya dengan sebutan ibu nur, mbak nur, atau tante nur. Saya pun pernah mukulin tetangga kelasku sampe babak belur. Bukan, saya mukulin dia bukan karena dia ngeledekin namaku tapi karena dia udah ngedeketin  gebetanku, eh bukan gebetan juga sih karena saya dengan cewek itu gak deket-deket amat. *jombloposesif


Perlahan saya jadi mulai risih, malu, sampe galau gara-gara nama nur yang ada dinamaku Saya selalu berfikir, seberapa bermasalah kah nama Nur bagi seorang cowok?

Tapi semua itu berubah ketika saya mengenal seorang cewek yang bernama dila, kejadiannya kayak gini.


"hei, aku dila yundira, nama kamu siapa? Dia ngajak saya kenalan saat berada dalam bis sekolah.

Bilang aja zayn malik, kalo jujur pasti diledekin lagi, bisik malaikat yang ada di samping kiriku.

Jangan, bilang aja sejujurnya itu kan nama pemberian orang tuamu hargai dong, bisik malaikat yang ada di samping kananku.


Saya dilema, tapi akhirnya saya menjawab.

"nama saya muhammad nur fahrul." Jawabku dengan suara yang agak pelan.

"wah nama yang indah" kata dila kembali.


Mendengar itu saya langsung bengong, tatapanku kosong, suasana bis jadi hening, kupu-kupu mulai beterbangan di balik jilbabnya, saya seperti mimpi saya tidak percaya akhirnya ada cewek normal yang menyadari namaku ini indah dan enggak aneh. Walaupun setelah sampai dirumahnya, dila dikabarkan muntaber selama seminggu.


Tapi sejak saat itu saya mulai kembali menerima namaku, menurutku nama itu bukan hanya sebuah sebutan atau identitas, namun nama juga merupakan sebuah harapan, kekuatan yang membawa keberkahan bagi pemiliknya walaupun namaku ini sempat membuatku malu tapi ini adalah harapan yang diberikan orang tuaku kepadaku.


Posting Komentar

47 Komentar

  1. Padahal namamu itu bagus lho. Dalam tiap nama pasti ada doa

    BalasHapus
  2. Jangan Minder ya Gan
    Namamu Bagus & Bermakna loh👍😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sih dulu bng waktu ad yg bully (walikelas aja ikutan ngebully)

      Hapus
  3. Baper i akuuh 😅

    BalasHapus
  4. Namamu masih bagus bang. Lah saya, artinya malah cacing :)

    BalasHapus
  5. Hehe cacing juga bagus loh, cacing sangat membantu para petani dalam menyuburkan tanah,,,

    Mungkin ortumu dulu ingin kau bermanfaat bagi alam dan sekitarnya makanya diberi nama yg artinya cacing
    Ortumu keren mbakk hehe

    BalasHapus
  6. Nulisnya hebat banget, sambil ngakak 🤣🤣

    BalasHapus
  7. Apalah arti sebuah nama?ternyata ama dalam Islam adalah do'a

    BalasHapus
  8. Kayanya menarik nih..

    *tandain doeloe..bacanya nanti

    BalasHapus
  9. Namanya nur itu sebenarnya umum dipakai oleh laki2. Banyak tokoh jga penting di indonesia yg nama depannya nur..

    Salah satunya nur muhammad sq, salah satu dai terkenal di era 1990an..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah bro, tpi stigma masyarakat skrang sdah brubah

      Hapus
  10. Sebelas dua belas ma nasib saya. Sering dibully teman sekolah. Nursini dipanggil Nursana. Yang bikin jengkel, wali kelas tiap memanggil namaku, diganti Nursana. Selamat malam, Mas Norfahrul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh kok bisa sama kayak gitu yah bu'nur, tapi kenapa juga yah setiap guru selalu menggunakan nama muridnya untuk bercandaan, apa dia gak mikirin mental ank itu,, apalagi jika dia masih SD,
      Tapi namanya bagus kok bu nursini,, saya jg punya teman hampir mirip namanya yaitu darsono, d kls pas smp dulu sering diledekin jd darisononya hehehe

      Hapus
  11. mungkin sudah saatnya kita ciptakan nama gender-less kali ya biar gabisa nebak2 ini cewe apa cowo haha!

    tapi namamu bagus lho!

    namaku yg udah jelas2 cewe banget aja masih juga dipanggil bapak. kayaknya yg manggil kesurupan dulu hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha solusi bagus tuh


      Hehe nama kmu aditia yh??

      Hapus
    2. Aku lihat tanggalnya 19 Oktober 2021, kok yang komentar sudah ada sejak bulan Mei 2021.😅

      Hapus
  12. Betul nih mitos orang tua jaman dahulu, kalau sering sakit maka anaknya langsung diganti namanya. Sebenarnya agak bingung korelasinya di mana, toh asal namanya berarti baik harusnya nggak apa-apa kan hehe

    BalasHapus
  13. Wah dek, namamu bagus lho dan penuh makna. Harus percaya diri ya dan "bodo amat" dengan perkataan orang

    BalasHapus
  14. Nama nur itu bagus loh padahal, nama ku aja ada 'nur' nya. Alhamdulillah sampe sekarang belum pernah diejek maupun diledekin. hehe

    BalasHapus
  15. Pembahasan tentang nama ini cukup bagus, tapi maaf, Mas, saya ngakak di beberapa bagian. Seperti soal Leonardo dan Dila yang kena muntaber selama seminggu hahaha.

    BTW Mas, nama itu memang doa, dan saya lihat nama Mas, bagus, kok!

    Hanya sangat disayangkan sekali dengan reaksi wali kelas yang ikut ngeledekin. Bukan contoh yang baik! :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihh jahat ngetawain wkwk..

      Iya wali kelasku emang gak ada akhlak

      Hapus
  16. Betul setiap nama pasti ada doa tersirat di dalamnya. Namanya bagus kok. Jangan pernah minder soal nama, ya..

    BalasHapus
  17. uwuwuwuwuwuwu ending yang menyenangkan dan membuat hati damai. Intinya semua nama yang diberikan orangtua udah pasti punya tujuan yang baik deh. Semangat, jangan minder yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. endingnya epik yah hehe tp awal dan tengahnya ngeness

      Hapus
  18. Sepakat jika nama adalah doa dan memang ada kaidah memberi nama untuk buah hati. Btw saya ketawa di beberapa bagian tulisan di atas, makasih ya mas Nur untuk tulisannya !

    BalasHapus
  19. nama saya termasuk berat juga gk ya? paling apes kalau ada yang meninggal, selalu jadi bahan candaan.. hahaa

    BalasHapus
  20. Perasaan kok ga ada yg aneh ya di namamu. Soalnya menurut ku pribadi tiap ortu pasti punya alasan ngasi nama dan itu hak mereka. Aku aja nyari nama buat anakku 3 bulan sendiri mikirnya wkwk karena nama adalah doa.

    BalasHapus
  21. Jangan pernah malu, nama itu adalah doa

    BalasHapus
  22. Salfok sama saran nama dari al-qur'annya. Ada nama fir'aun doong.. ga kebayang kalo ada yg mau namain anaknya fir'aun😅

    BalasHapus
  23. Netizen emang gitu kak. Nggak usah dipikirin. Nama kan sebuah do'a yang dikasih orang tua. Pasti baik artinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapss nama juga hidup,, pasti da aja netijen yg nyinyir

      Hapus
  24. Nama itu penting. Dan sebaiknya beri nama yang punya kesan mendalam.

    BalasHapus
  25. First time visit ke blog ini kak, tp kok aku gagal fokus sama cara nulis kamu. berasa orangnya lg cerita di depan aku. wkwkwk

    sukses selalu ya

    BalasHapus
  26. Waduh, sampai wali kelas juga ikutan begitu ya manggil seenaknya, apa tidak mikir mental anaknya gimana gitu.

    Hmmm sungguh guru teladan.🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha mungkin dia pikir mental murodnya sama dengan mentalnya

      Hapus
  27. kaaan...kaaan.....aku kalau ke sini siap siap sakit pipi ahhhhhh...tabok juga nih...bikin ngakak semua Ya Alloh....mulai dari firaun, salsabila, mau diaborsi, sampe bawah bawah semuanya deh ih hahahhahahah..kampret lah...ampe keluar air mata kalau baca blog ini kayak orang kena sawan hihihi...

    ada jomblo posesip lagi hwahahhaha ngakakkkkk....berantem ama yang ngedeketin gebetan huft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah ketawanya jgn kencng2bull... Nanti disangka orang gila loh wkwk

      Hapus